Mengungkap Tiga Kekurangan Smartphone Cina yang Jarang Diketahui

Mengungkap Tiga Kekurangan Smartphone Cina yang Jarang Diketahui

Sunday, April 14, 2019

BANJARTECHNO, KORANBANJAR.NET – Dengan bentuk desain mirip handphone-handphone ternama dunia, ditambah dengan spesifikasi yang besar namun dijual dengan harga yang terjangkau, wajar saja jika orang banyak tertarik dengan hp Cina. Namun jangan salah dulu, dibalik harganya yang murah, hp Cina ternyata meniyimpan sejumlah kekurangan yang jarang diketahui para pembelinya.

Agar mengetahuinya, kali ini koranbanjar.net merangkum sejumlah kekurangan dari hp Cina. Apa saja kekurangannya? Simak ulasannya berikut ini.

Desain dan Build Quality Kurang Mantap


Walau belakangan ini hp Cina mulai dibekali dengan spesifikasi mewah dan harga yang ramah di kantong, namun sayangnya,  dalam penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 845, smartphone ini mendapatkan banyak keluhan soal desain dan kualitas buildnya. Sebut saja dari desain yang terkesan biasa saja dengan material bodi yang hanya dibuat dengan bahan plastik polikarbonat, hingga terkadang tak memiliki fitur pendukung penting seperti konektivitas NFC. Bahkan, pasca rilis di pasaran, smartphone Cina juga diklaim memiliki banyak bug.

Layanan Purna Jual Meragukan


Bagi yang membeli atau akan membeli hp Cina dengan garansi distributor –garansi tidak resmi–, maka patut waspada. Pasalanya, hp Cina yang dijual dengan garansi tak resmi, memiliki layanan purna jual yang buruk dan kurang memadai selayaknya smartphone resmi yang dipasarkan melalui distributor resmi terpercaya di Indonesia.

Kondisi tersebut akan diperparah apabila sewaktu-waktu hp Cina kami mengalami kerusakan, karena pada umumnya, garansi distributor akan melakukan service dan perbaikan dengan alur yang cukup ribet dan membingungkan. Terlebih, jika klaim garansinya hanya bisa dilakukan di toko atau sevice centre distributor saja.

Dukungan Ekosistem dan Update OS Kurang Memadai


Sering mendengar hp dengan ROM Cina atau ROM distributor? Perlu diketahui, justru hal inilah yang menjadi kekurangan hp Cina, karena dukungan ekosistem dan update OSnya kurang memadai.
Software yang terdapat pada hp bergaransi distributor, tentu sudah diutak-atik dan disesuaikan oleh penjualnya, sehingga dapat sedikit mengganggu kenyamanan dalam penggunaannya, terutama saat hendak melakukan update OS. Ketidaknyamanan dalam penggunaannya dapat dirasakan dari kehilangan dukungan koneksi 4G LTE, hingga kehilangan fitur lain yang ada di software bawaan. Soal keamanan data, hp Cina belum tentu memiliki fitur keamanan yang memadai. So, apa masih yakin memiih hp Cina? (dny)