Hei Orang Tua! Ini Cara Menjaga Anak Agar Tetap Safety Saat Online

Hei Orang Tua! Ini Cara Menjaga Anak Agar Tetap Safety Saat Online

Monday, June 24, 2019

Cara Menjaga Anak Agar Tetap Safety Saat Online
TEKNOLOGI, KORANBANJAR.NET - Saat ini sudah banyak anak-anak menggunakan smartphone, harus diakui internet saat ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan ketimbang taman bermain yang dibangun pemerintah. Namun, sadarkah kalian sebagai orang tua, di dunia internet sangat menyeramkan, bisa-bisa menjadi predator bagi smartphone anak anda. Di Internet, virus seperti malware, konten eksplisit, kekerasan dan penjahat bully bertebaran di dunia maya tersebut. 

Mungkin kasus ini sudah banyak terjadi dimana-mana, seperti anak di India yang gantung diri karena ponsel PBUG. Tentu situasi ini sangat rumit dan sulit mencari solusi yang sempurna. Entah mulai dari mana.

Seorang advokat keamanan global di Akamai Technologies mengatakan, cara mengatasi semua itu tidak ada berhubungan dengan teknologi, namun orang tua dan anak harus melakukan percakapan terbuka. "Membingkai percakapan itu adalah kunci," ucap Lewis seperti dilansir dari wired. 

Ketika berbicara dengan anak-anak tentang bahaya internet, kalian harus terlibat dan tidak konfrontatif.

"Jadi jika mengemasnya dengan cara yang membuat mereka merasa seperti sedang mempelajari sesuatu, kalian (orang tua) akan mendapatkan feedback yang lebih baik dari anak," katanya.
 

Orang tua harus bertindak sebagai wali yang positif bagi anak-anak mereka, jangan sampai menakuti mereka saat masuk ke dunia online. Lewis menyarankan, agar orang tua menempatkan gadget di dekat mereka agar anak-anak juga bisa aman dan sembari mengajari mereka untuk melakukannya sendiri. Sehingga anak-anak kalian tahu kemana seharusnya dia berada sesuai usia mereka, sebab menurut Lewis penting jika anak-anak bisa menjadi ahli teknologi lebih dini. 

"Tidak ada alasan bagi seorang anak berusia sekitar tujuh tahun untuk memiliki akun Facebook atau Twitter," katanya. "Mereka tidak membutuhkan tingkat paparan terhadap dunia seperti itu, mereka masih membutuhkan kesempatan untuk menjadi anak-anak." (Itu juga bertentangan dengan Ketentuan Layanan Facebook.

Ajari Anak Agar Tidak Berbicara Dengan Orang Asing


Sebagai orang tua kalian harus mengajarkan anak-anak untuk tidak menanggapi pesan dari orang asing. Hal itu dapat memastikan mereka tetap merasa aman. Ini menjadi lebih penting, sebagian perusahaan teknologi di dunia, seperti Facebook yang harusnya memiliki messenger kids untuk komunikasi antar orang tua dan anak.


Gadget Anak Dipasangi Filter


Orang tua tidak semestinya menyerahkan gadget begitu saja kepada anak, namun harus difilter terlebih dahulu, sebab nantinya mereka bisa membuka apa saja di internet sana. Kalian bisa pasang aplikasi filter web seperti Qustodio dan Net Nanny.  Namun jikalau kalian memang ingin memfilter lebih ketat, bisa disetting di roter modem WiFi dirumah. Minta sama teknisi langganan kalian untuk memfilter website yang mana saja tidak boleh diakses anak. Kalian bisa juga menggunakan filter dasar yang sudah disediakan android dan ios phone.



Pasang Antivirus dan Firewall di Smartphone / Komputer


Antivirus di beberapa smartphone sudah tersedia, namun jika kalian merasa aplikasi dasar belum mampu, kalian bisa search di google play untuk antivirus ampuh. Ada gratis dan ada juga yang berbayar. Jika sudah dipasang antivirus dan firewall, anak anda sudah aman dalam berselancar. Itu juga menjaga gadget kalian agar aman.


Atur Peringatan di Aplikasi Smartphone


Semua aplikasi ada pengaturan untuk peringatan, Seperti di Snapchat, kalian dapat mengatur Who Can Contact Me ke My Friends untuk memblokir orang asing. Di Facebook, kunci akun mereka untuk mengontrol siapa yang dapat melihat profil mereka dan semua posting mereka. Di Instagram, nyalakan akun pribadi untuk menjaga agar mata orang tidak melihat apa yang sedang dilakukan anak-anak kalian.




Nah itulah tips cara menjaga anak kalian tetap aman dalam berselancar di dunia online. Perlu diingat, bagikan artikel ini, jika kalian merasa beruntung mendapatkan informasi bermanfaat seperti ini.

Penulis : Ardiansyah
Sumber : wired
Foto : Michael Morse / pexels.com